7 tips menjaga kesehatan mata didepan komputer

Komputer sudah bukan barang langka dijaman kita sekarang, bukan hanya karyawan kantor yang menggunakan komputer tetapi juga mulai dari siswa, guru hingga ibu rumah tangga pun menggunakannya.
Bekerja didepan layar terlalu lama banyak mempengaruhi kesehatan diantara punggung, jari tangan leher dan mata. mata adalah bagian yang menerima beban terlalu berat jika berlama lama didepan komputer, sehingga menjaga kesehatan mata perlu diperhatikan agar mati kita tidak minus saat usia masih muda.

Brikut ini adalah 7 tips menjaga kesehatan mata:

cara menjaga kesehatan mata didepan komputer

1. Atur jarak monitor dengan mata
agar mata, punggung, dan leher tidak terlalu lelah. aturlah jarak minimal 30 cm, dan atur layar monitor dengan sudut 10-15 derajat posisi sejajar dengan pandangan mata dan usahaka punggung tegak lurus jangan terlalu membungkuk.



2.Gunakan filter monitor
filter layar berfungsi untuk mengurangi radiasi layar dan cahaya berlebih yang dapat mengganggu kesehatan mata. gunaka filter monitor yang dapat mengurangi paparan radiasi dan cahaya berlebih yang dapat mengganggu kesehatan mata pilihlah filter yang berkualitas agar tidak mengecewakan.

tips menjaga kesehatan mata didepan komputer
3. Gunaka diruangan yang cukup cahaya
Bekerja didepan monitor yang memiliki cahaya yang cukup terang berdampak positif bagk kesehatan mata.
jagan gunakan komputer jika cahaya terlau redup ini cukup berbahaya bagi kesehatan mata anda dan jangan pula terlalu terang, tetapi diantaranya keduanya (sedang). letakkan lampu diatas kepala anda dan pastikan cahaya cukup terang agar mata tidak cepat lelah.

4. Berikan waktu bagi mata untuk beristirahat
setiap melihat layar monitor selama satu jam maka istirahatlah selama 15, gunakan waktu 15  itu untuk melihat pemandangan yang jauh seperti pepohonan, rerumputan usahakan obyek yang berwarna hijau. dianjurkan untuk mengedipkan mata namun jangan mengecek mata setelah beberapa saat.

tips menjaga kesehatan mata
5. Gunakan font yang cukup besar
ubahlah ukuran font yang cukup besar jangan menggunakan font yang terlalu kecil ini akan berakibat buruk bagi kesehatan mata anda. pakai menu untuk mengatur menu ukuran fon di komputer anda





cara mrnjaga kesehatan msta didepan komputer
6. Bersihkan layar monitor
Bersikan laya dari debu dan kotoran yang menempel pada layar menggunakan kain khusus atau tisu yang dibasahi sedikit dengan air agar tidak mengores layar. periksa apakah layar monitor anda buram dan tidak fokus, berpendar atau berkedip kedip, periksa dan perbaiki  jika perlu ganti. utamakanlah kesehatan mata anda. ingat mata yang rusak tak dapat diganti.

tips menjaga kesehatan mata didepan komputer
7. Periksa kacamat atau lensa kontak
periksakanlah kesehata mata anda kedokter agar bisa mendapatkan ukuran lensa dan frame kacamata atau lensa yang sesuai. jika mata anda merasa lelah maka lepaskan kacamata sesekali untuk beristirahat dan alihkan pandangan mata dari depan layar monitor.

demikianlah tips  untuk menjaga kesehatan mata anda. mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penulisan. sekian dulu dan trimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat inverter ( penaik tegangan dc 12v ke ac 220v ) menggunakan transistor tip 42

Cara file sharing Android paling mudah dan lintas platform tanpa dobel aplikasi

Rangkaian sensor cahaya paling sederhana menggunakan LDR dan tr bc547