Cara menghemat baterai smartphone yang baik dan benar


Telah menjadi rahasia umum bahwa salah satu kelemahan ponsel android adalah boros daya, banyak vendor aplikasi yang mengklaim bahwa aplikasinya dapat menghemat baterei, tetapi banyak pula pengguna aplikasi penghemat baterai yang malah beranggapan aplikasi seperti itu malah membuat smartphone android semakin boros karena membuat proses bekerja lebih keras menjalankan aplikasi hemat baterai.
Banyak faktor yang membuat android boros seperti cpu, layar, sensor, hingga sistem operasi yang berat. Kali ini aku akan memberikan tips - tips cara menghemat baterei android yang baik dan benar. Anda bisa memilih mana yang benar benar menghemat baterei.
menghemat batetai android


Berikut tips tips cara menghemat baterei tanpa menggunakan aplikasi:

1. matikan data internet, wifi, bluetooth, Gps, jika tidak di gunakan.
Gunakanlah fitur fitur di atas seperlunya saja. Jika fitur tersebut diaktifkan maka mereka akan terus mencari sinyal ini membuat baterai semakin boros.
2. Matikan getaran
Banyak orang beranggapan bahwa fitur getaran lebih hemat baterai ketimbang menggunakan suara sebagai notifikasi telpon atau sms, ini adalah kesalahan besar komponen getaran sebenarnya menggunakan motor listrik orang awam menyebutnya dinamo, motor listrik jika di aliri arus listrik maka akan berputar, putaran inilah yang menyebabkan ponsel bergetar.
3. Tutup aplikasi jika tidak digunakan
Banyak orang mengira dengan menekan tombol "kembali/ back" atau tombol home telah menutup aplikasi ini juga kesalahan besar sebenarnya menekan tombol home hanya membuat aplikasi berjalan dilatar belakang fungsinya sperti tombol minimize pada pc. Jika menutup aplikasi sebaiknya tekan tombol pilihan kemudian pilih keluar/exit. Jika tidak ada pilihan exit barulah menekan tombol back jika ingin keluar dari aplikasi.
4. kurangi kecerahan layar
Layar yang terlalu terang akan membuat baterai lebih cepat habis,   sebagaimana kita ketahui lampu yang terang tentu akan menghabiskan daya listrik yang lebih banyak ketimbang yang redup. Pilihlah tingkat kecerahan layar terendah cara ini paling efektif untuk menghemat baterai. Semakin lebar layarnya maka semakin banyak daya yang dibutuhkan.
5. Jangan menginstall aplikasi terlalu banyak
Kebanyakan aplikasi akan bekerja secara otomatis walaupun kita tidak pernah membukanya. Sebenarnya tujuan aplikasi bekerja secara otomatis adalah agar saat kita membuka aplikasinya loadingnya tidak terlalu lama karena hanya akan membaca dari ram. Sebaiknya cadangkan di kartu memori  dan uninstall aplikasi yang jarang digunakan seperti edit foto video konverter dll. Dan jika kita hendak menggunakan maka tinggal instal di kartu memori tanpa perlu download cara ini efektif untuk menghemat baterai, kuota internet, melegakan memori internal.
6. Isi daya smartphone saat kondisi baterai sudah dingin

mencharge baterai dalam keadaan panas tidak efektif karena akan mempercepat terbentuknya gas. sehingga mengakibatkan daya simpan baterai berkurang atau bahkan soak. tentu hal ini membuat baterai  semakin boros. Jika anda tidak percaya silahkan ber eksperimen sendiri aku sudah mencobanya. Baterai dalam keadaan hangat di charge akan lebih cepat full. Sedangkan baterai dalam keadaan dingin lebih lama untuk full. Namun untuk pemakaian berbanding terbalik.

6. Gunakan konektivitas data sesuai kebutuhan

Magsudnya saat kita sedang internet namun hanya untuk jejaring sosial sebaiknya kita pilih menggunakan EDGE saja ini membuat baterai lebih irit terutama jika untuk chating bbm atau facebook messenger.
7. Gunakan modus hemat baterai
Modus ini akan otomatis mematikan aplikasi yang berjalan dilatar belakan dan meredupkan layar ketika baterai sudah lemah

Itulah 7 cara menghemat baterai apabila ada kesalahan saya mohon maaf, jangan lupa baca postingan yang lainnya juga ya


Comments

Popular posts from this blog

Membuat inverter ( penaik tegangan dc 12v ke ac 220v ) menggunakan transistor tip 42

Cara file sharing Android paling mudah dan lintas platform tanpa dobel aplikasi

Rangkaian sensor cahaya paling sederhana menggunakan LDR dan tr bc547