cara menghemat kuota internet pada smartphone android yang baik dan benar

Memang smartphone android tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki koneksi internet sebab ponsel cerdas yang tidak memiliki akses ke internet di ibaratkan seperti sambal yang ngak ada cabenya alias hambar

Memang ponsel cerdas saat ini termasuk android membutuhkan koneksi internet bila ingin melakukan sesuatu seperti maen games,  mengobrol di media sosial dan lain sebagainya. Dan ponsel android juga terkenal dengan borosnya baterai dan juga kuota internet karena memang semua aplikasi yang ada didalamnya akan langsung terhubung ke internet tanpa kita perintahkan.

Untuk menghemat kuota internet pada ponsel android beberapa tips dibawah adalah beberapa cara  menghemat pemakaian kuota internet di  android.

Mematikan fitur singkron otomatis, ini akan memberikan akses singkronisasi aplikasi langsung ke internet seperti menyinkronkan data email, update terbaru, informasi cuaca terbaru dan lain sebagainya. Karena di singkronkan secara otomatis maka mau tidak mau sistem android akan melakukan pengecekan secara berkala ke internet sehingga kuota cepat sekali habis. Untuk itu anda bisa mematikan fitus sibgkron otomatis ini pada pengaturan menu setting - account- kemudian pilih akun aplikasi anda yang tidak penting untuk tidak disincronkan otomatis.

Browsing dengan crome dan browser internet bawaan pabrik dapat menyedot banyak sekali arus data. Maka dari itu rekomendasi browser yang bagus adalah browser crome yang telah diaktifkan fitur data savernya.

Hapus aplikasi yang banyak menggunakan datadalam kenyataannya aplikasi aplikasi yang menyedot banyak sekali data malahan banyak dipakai dan di senangi contohnya saja facebook, wechat , twitter dan jejaring sosial lainnya. Semakin banyak file foto atau video yang ada didalam jejaring sosial seperti yang saya sebutkan diatas tentu penggunaan data akan jauh lebih besar untuk memuat  dan menampilkan foto atau video tersebut. Maka dari itu sebaiknya anda mengurangi penggunan  aplikasi yang kurang berguna ini, jika memang kalian ingin mengaksesnya silahkan akses melalui browser uc browser. Memang sedikit ribet namun dengan cara ini kuota internet anda akan jauh lebih hemat ketimbang menginstall aplikasi aplikasi tersebut.

Batasan update apps di google playSering kali aplikasi aplikasi yang kita gunakan telah mengupdate atau memperbarui diri tanpa sepengetahuan kita karena memang kita telah menyetel pembaruan otomatis. Ya memang boleh saja kita mengaktifkan pembaruan otomatis namun sebaiknya anda beri batasan juga jika perangkat terkoneksi wifii. Jadi aplikasi tidak akan mengupdate diri jika tidak terkoneksi dengan jaringan wifii.

Matikan fitur download otomatis didalam apps tertentu Banyak sekali aplikasi wechat, facebook messenger ataupun whatshap yang dapat kita gunakan untuk saling berbagi file baik itu suara, foto maupun video rekaman. Dan beberapa dari aplikasi tersebut memiliki fitur auto download yang bisa dimatikan seperti contohnya adalah pada aplikasi whatshap, kita dapat mematikan fitur auto download agar penggunaan data dapat di minimalisir.


Matikan koneksi internet bila tidak dibutuhkanSalah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan  penghematan kuota  pada smartphone  androidadalah dengan cara mematikan koneksi internet jika ponsel sedang tidak digunakan.


Gunakan browser yang ringan seperti uc mini atau opera mini dan atur penggunaan data dalam menu pengaturan lalu pilih aplikasi yang tidak berguna, lalu centang batasi latar belakang.
Nah bagaimana menurut mu ? semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat inverter ( penaik tegangan dc 12v ke ac 220v ) menggunakan transistor tip 42

Cara file sharing Android paling mudah dan lintas platform tanpa dobel aplikasi

Rangkaian sensor cahaya paling sederhana menggunakan LDR dan tr bc547