Membuat inverter ( penaik tegangan dc 12v ke ac 220v ) menggunakan transistor tip 42


Di hari yang sedang hujan deras seperti ini, dari pada bingung mau ngapain lebih baik saya posting sebuah tutorial cara membuat rangkaian inverter paling murah dan paling simpel serta mudah untuk di rakit tanpa menggunakan pcb sekalipun. Rangkaian inverter yang saya posting di bawah ini menggunakan transistor Tip 42. Harga Transistor ini terbilang murah hanya sekitar 3rb-an saja di pasaran. Komponen yang paling mahal dalam membuat inverter ini adalah pada akinya sendiri. Kelemahan dari rangkaian inverter ini adalah gelombang yang dihasilkan masih berupa gelombang kotak sehingga tidak cocok untuk di gunakan dalam perangkat beban induksi seperti kipas angin, tv tabung, amplifier dsb.  Dan Keunggulan dari inverter ini adalah efisiensinya tinggi jika di gunakan untuk lampu penerangan.
 Oh ya basa basinya jangan terlalu panjang lah nanti kamu bosan bacanya, iya kan?. Berikut adalah gambar skemanya:
inverter sederhana tip 41/42
menentukan kaki transistor tip 42


Daftar komponen:
- transformator 12v 5A. Trafo bisa menggunakan 12v CT atau menggunakan trafo engkel 0v 12v 24v.
- transistor tip 42
- Resistor antara 330ohm sampai 1k semakin kecil nilai resistornya akan semakin  besar daya yang dihasilkan namun akan membuat transistor semakin panas.
- accu 12v
- heatsing untuk pendingin transistor
- kabel secukupnya
- untuk alat macam solder, obeng, dsb  tidak usah saya sebutkan yah?

Penting:
Dalam proses perakitan kesalahan yang paling sering terjadi adalah pemasangan kaki kaki transistor yang terbalik. Jadi perhatikan baik ya sebelum merakitnya. Jika pemasangan transistor terbalik biasanya transistor akan langsung rusak. Rangkaian di atas sudah di saya rakit sendiri dan 100% berhasil. Untuk Trafo saya menggunakan 12 volt 5A dan resistor menggunakan  2k, saya paralel 5 buah. Sehingga membutuhkan 10 buah resistor 2k. Agar memperoleh daya yang besar anda bisa menggunakan memparalel transistor 2 pasang atau lebih dengan menggunakan resistor sendiri sendiri.  Jangan gunakan rangkaian di atas untuk setrum ikan yah karena dapat merusak lingkungan.  Agar rangkaian di atas bisa di gunakan untuk setrum ikan harus ada komponen tambahan. Dan komponen tersebut  tidak akan saya sebutkan. Sekian saja postingan kali ini semoga bermanfaat.

Comments

  1. Trims Infonya, kira-kira bisakah aku membuatnya ?

    ReplyDelete
  2. Bang kl mau simulasi rangkaian diatas pk sofware apa ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Dilarang berkomentar menggunakan kata kata kasar maupun menampilkan link aktif dan jangan spam. Ok

Popular posts from this blog

Cara file sharing Android paling mudah dan lintas platform tanpa dobel aplikasi

Rangkaian sensor cahaya paling sederhana menggunakan LDR dan tr bc547