Inverter 12v ke 220v Sederhana Menggunakan IC cd 4047 dan Mosfet irf z44n

Inverter sederhana menggunakan ic cd 4047 dan mosfet irf z44n

Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi rangkaian inverter dengan menggunakan ic cd 4047 dan irf z44n. Yap komponen terpenting dari rangkaian inverter ini adalah 2 komponen diatas. Rangkaian inverter yang akan saya bagikan kali ini sudah lumayan bagus dan kuat karena frequencynya bisa di atur ke 50hz, sesuai dengan listrik pln di Indonesia.
Inverter 12v ke 220v Sederhana Menggunakan IC cd 4047 dan Mosfet irf z44n

Rangkaian di bawah ini bisa di gunakan untuk menghidupkan berbagai macam alat elektronik seperti tv, Speaker, dvd player dll. Dengan syarat trafo yang digunakan bukan trafo abal abal. Saran saya agar kuat menghidupkan alat alat elektronik berdaya besar anda sebaiknya menggunakan bekas trafo bekas yang sudah di modifikasi menjadi trafo step up. Dengan merubah kawat trafo ke ukuran yang lebih besar. Untuk melilit trafo saya belum membuat postingannya mungkin suatu saat nanti akan saya berikan.

Langsung saja sob malah jadi mutar muter bicaranya. Berikut adalah rangkaian skema inverter sederhana 12 v ke 220 v 50hz sederhana dengan menggunakan ic cd 4047 fan mosfet irf z44n:

Inverter 12v ke 220v Sederhana Menggunakan IC cd 4047 dan Mosfet irf z44n
Inverter 12v ke 220v Sederhana Menggunakan IC cd 4047 dan Mosfet irf z44n
Ic cd 4047 

Bahan dan komponen yang digunakan:
- Ic cd 4047
- irf z44n
- trafo minimal 5A 12v
- Resistor 100 ohm
- Resistor 1k ohm
- resistor 18k ohm
- kapasitor 0.22 uf
- kabel secukupnya
- papan pcb jika perlu

Inverter ini sangat sederhana sekali dan komponennya pun mudah ditemukan dipasaran. Sengaja output trafo di sambung ke 230v hal ini karena saat terhubung ke beban inverter biasanya akan mengalami drop tegangan. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan paralel mosfet irf z44n menjadi 2 pasang (4 buah). 3 pasang. Dan seterusnya dengan masing masing mosfet diberi resistor 100 ohm. Inverter tersebut dapat di gunakan untuk menghidupkan beberapa perangkat elektronik seperti kipas angin, mencharger hp atau laptop, menghidupkan solder, menghidupkan speaker aktif dll.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan trafo stepdown yang telah di rubah lilitannya menjadi trafo step up. Karena dengan memodifikasi trafo tersebut daya yang di hasilkan akan lebih besar dan drop tegangan akan sangat kecil bila di gunakan untuk beban yang berat. Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Dilarang berkomentar menggunakan kata kata kasar maupun menampilkan link aktif dan jangan spam. Ok

Popular posts from this blog

Membuat inverter ( penaik tegangan dc 12v ke ac 220v ) menggunakan transistor tip 42

Cara file sharing Android paling mudah dan lintas platform tanpa dobel aplikasi

Rangkaian sensor cahaya paling sederhana menggunakan LDR dan tr bc547