Rangkaian sensor cahaya paling sederhana menggunakan LDR dan tr bc547

Cara membuat sensor cahaya sederhana dan biaya murah -

Selamat datang di blog yang sederhana ini kali ini saya akan memposting artikel tentang cara membuat lampu led otomatis agar bisa hidup secara otomatis saat malam hari. Skema ini sangat sederhana dan mudah di buat biaya yang di keluarkan untuk membuat proyek ini juga cukup murah meriah. Skema di bawah ini belum bisa di gunakan untuk listrik 220v dan untuk penerangan rumah namun bagi anda penggemar layang layang seperti saya skema ini cukup membantu sekali agar layang layang tidak kehabisan baterai terlebih dahulu saat malam hari.
Rangkaian sensor sederhana led
Uji coba 

Aku membuat lampu led otomatis ini memang terinspirasi dari layangan. Karena saya hobi layang layang dan agar menarik dan cantik di malam hari saya memasang lampu led kelap kelip 3 warna yang biasa di jual di toko elektronik. Untuk daya listrik saya menggunakan bekas baterai hp yg masih lumayan bagus. Nah untuk menerbangkan layangan di butuhkan kan angin yang kencang sekitar jam 3 sore kendala terjadi di sini saat menerbangkan layangan jam 3 sore maka jika lampu layangan di hidupkan saat menerbangkan dari bawah maka baterai hp pada  layangan tersebut akan cepat habis sebelum tengah malam tiba.  Untuk mengatasi hal tersebut pd akhirnya saya menggunakan sensor cahaya dari LDR (light dependent resistor) atau sebuah resistor yang nilai resistansinya di pengaruhi oleh intensitas cahaya.

Nah berikut adalah rangkaian skematiknya:
Rangkaian sensor sederhana lampu prices led ldr


Daftar komponen
1. LDR  (Rp 2000)
2. Transistor bc 547 (Rp 500)
3. Lampu Led (Rp 1000) perbuah 3 warna
4. Resistor R1 (Rp250)
5. Kabel secukupnya
6. Trimpot 100k (Rp 3000)
7. Dll
Cukup murah bukan tidak mencapai Rp 10.000.

Penting: untuk mengatur terang redupnya Led perkecil nilai R1 misalnya dari 390ohm di ganti menjadi 220ohm / 180 ohm / 100 ohm.
Rangkaian di atas cukup sederhana sehingga tanpa menggunakan papan pcb pun juga bisa. Hati hati saat mensolder rangkaian di atas jangan sampai terluka. Utamakan keselamatan dalam bekerja
Sekian postingan singkat ini semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat inverter ( penaik tegangan dc 12v ke ac 220v ) menggunakan transistor tip 42

Cara file sharing Android paling mudah dan lintas platform tanpa dobel aplikasi