Adaptor sederhana 1.2 v - 13 v menggunakan ic lm 317

Selamat pagi semuanya pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat adaptor sederhana dengan menggunakan ic lm 317. Keunggulan dari ic ini adalah kita dapat mengatur tegangan out put sesuai yang di inginkan.

Pada skema di bawah ini dapat di gunakan untuk Regulator tegangan listrik antara 1.2 volt sampai dengan 13 volt dengan memutar resistor variabel atau potensio untuk mendapatkan tegangan yang di inginkan. Mungkin bagi kalian yang mempunyai volt meter ataupun multitester tidak ada masalah tetapi bagi yang belum punya multitester sebaiknya adaptor di set ke setingan terendah setelah itu adaptor di hubungkan ke beban misalnya radio, amplifier ataupun lampu led setelah semuanya terpasang dengan baik lalu hidupkan adaptor dan beban setengah itu putar perlahan variabel resistor hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Adaptor ini memiliki arus maksimum 1 amper saja dan mungkin masih terdapat noise jika di hubungkan ke amplifier. Untuk mengatasi hal tersebut ganti elko dengan kapasitas yang lebih besar misalnya 2200uf 25v. Basa basinya tidak usah panjang panjang berikut adalah rangkaian skematiknya.


Tes percobaan dengan menggunakan lampu led 12 volt:
Adaptor 12 v


Itu saja yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih telah berkunjung sob

Comments

Post a Comment

Dilarang berkomentar menggunakan kata kata kasar maupun menampilkan link aktif dan jangan spam. Ok

Popular posts from this blog

Membuat inverter ( penaik tegangan dc 12v ke ac 220v ) menggunakan transistor tip 42

Cara file sharing Android paling mudah dan lintas platform tanpa dobel aplikasi

Rangkaian sensor cahaya paling sederhana menggunakan LDR dan tr bc547